Jumat, 11 Mei 2012

Kapan Binatang BerHibernasi?



Kata "Hibernasi" berasal dari bahasa latin, yang artinya "tidur sangat lelap selama musim dingin."
Binatang tertentu ber-hibernasi selama bulan-bulan musim dingin karena ingin lepas dari keadaan cuaca yang berat itu dan juga karena makanan yang sulit didapat. Tidurnya binatang yang ber-hibernasi, seperti landak kecil, tampak hampir seperti mati, dan bukannya seperti tidur biasa. Suhu badannya turun sampai hanya sedikit lebih hangat daripada udara di tempat persembunyiannya. Oleh karena itu, binatang ini membakar makanan yang disimpan di dalam tubuhnya secara sangat pelan sekali. Mereka memerlukan lebih sedikit oksigen. Sebagai akibatnya, nafasnya lebih pelan dan jantungnya pun bedetak secara samar-samar. Ketika musim semi tiba, binatang ini dibangunkan oleh perubahan suhu, kelembaban, dan rasa lapar.
Banyak binatang menyusui, seperti beruang, yang sebenarnya tidak benar-benar ber-hibernasi. Namun mereka hanya tidur lebih banyak di musim dingin daripada di musim panas. Tetapi, tidurnya itu dengan tingkat kepulasan yang sangat tinggi sehingga mendekatihibernasi.

Hibernasi merupakan salah satu cara adaptasi mahluk hidup, agar mereka bisa mempertahankan diri dari kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan. Hibernasitermasuk salah satu contoh dari adaptasi tingkah laku. Selain adaptasi tingkah laku, jenis adaptasi mahluk hidup yang lainnya adalah adaptasi morfologi yaitu adaptasi yang didasarkan pada bentuk/struktur alat-alat tubuh, contohnya bentuk paruh burung yang berbeda-beda beradaptasi dengan jenis makanannya, dan adaptasi fisiologi yaitu adaptasi yang didasarkan pada fungsi alat-alat tubuh, misalnya saat kepanasan kita akan mengeluarkan keringat untuk membuang panas tubuh yang berlebih agar suhu tubuh tetap stabil. (tien bio)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar